Saturday, July 27, 2013

Novel 1000 Musim Mengejar Bintang by Charon

Cover baru 


Cover lama


Aku akan melepaskanmu pergi... hanya jika seribu musim telah berlalu.

Untuk detail buku klik di sini. Tengok dulu sinopsisnya =)

Ketika pertama kali bertemu Niko, Laura hanyalah siswi kampung, sedangkan Niko siswa terkenal. Laura sudah memendam rasa suka sejak pertemuan mereka yang pertama. Tapi ternyata Niko sudah mempunyai pacar yang supercantik dan juga terkenal, Erika.


Laura hanya bisa melihat Niko dari kejauhan dan memendam perasaan sukanya dalam hati. Ketika akhirnya dia sekelas dengan Niko, kesempatan pun datang. Laura bisa berbicara, bahkan bekerja sama dengan Niko. Ternyata di balik kesempurnaan Niko ada masalah yang hanya bisa dimengerti oleh Laura.


Lama-kelamaan keduanya bisa berteman baik. Namun, hal ini tidak berlangsung lama karena Erika yang cemburu berusaha memisahkan keduanya. Di akhir masa sekolah, Niko dan Laura berpisah dengan menyakitkan.


Beberapa tahun kemudian keduanya bertemu kembali. Laura sudah menjadi chef pasta, dan Niko menjadi perancang perhiasan terkenal. Niko berniat merajut kembali hubungannya dengan Laura, tapi Laura berusaha menjauh, karena ada luka masa lalu yang terus membayanginya....

Ini dia reviewnya, enjoy ^^

Plot

 Alur yang digunakan adalah alur maju

Point of View
Sudut pandang orang ketiga serba tahu

Tokoh dan Penokohan
Laura Amalia
Gadis manis ini dianggap gadis kampung di sekolahnya karena rumah Laura yang terbilang jauh dari SMA-nya, juga karena ia berasal dari keluarga sederhana yang biasa-biasa saja, tidak seperti teman-temannya yang lain – kebanyakan berasal dari keluarga golongan atas. Laura termasuk jenis orang yang pendiam namun tipe seorang pekerja keras dan penyayang. Hidup bertahun-tahun hanya tanpa ada seorang ayah, menjadikan Laura sangat dekat dengan mamanya. Ia sangat hobi memasak.

Niko Fareli
Cowok ini khas tokoh-tokoh pria dalam novel yang kebanyakan superperfect : tampan, pintar, keren, kaya, dan sangat populer di sekolah. Meskipun begitu, cowok ini tetap low profile. Kedua orangtuanya adalah dokter ternama, yang menginginkan Niko mengikuti jejak mereka untuk menjadi dokter. Sejak kecil, orangtuanya telah mempersiapkannya untuk menjadi dokter, bahkan Niko sudah diterima di sebuah fakultas kedokteran di salah satu universitas ternama sebelum ia lulus SMA. Padahal, Niko mempunyai ketertarikan di bidang lain.

Erika
Cewek cantik ini adalah pacarnya Niko, mereka sudah saling mengenal sejak kecil. Niko-Erika selalu dianggap pasangan paling serasi di sekolah mereka. Yang satu tampan, satunya cantik. Dan mereka juga sama-sama berasal dari keluarga yang cukup terpandang. Sifat yang dominan dari Erika adalah egois dan sombong, ya iyalah di sini kan perannya jadi tokoh antagonis. Saat Niko mulai dekat dengan Laura, Erika merasa sangat cemburu dan selalu berusaha menjauhkan keduanya.

Helen
Wanita cantik ini adalah Mamanya Laura. Pribadi beliau sangat bijaksana dan sabar. Ia bekerja keras seorang diri untuk menghidupi Laura. Ia sangat bersyukur dikaruniai seorang putri yang sangat berbakti seperti Laura.

Luki Rafael
Cowok ini adalah kakak tiri Laura. Hubungan Laura-Luki awalnya tidak begitu bagus. Luki sangat membenci Helen, dan otomatis membenci anaknya juga – Laura. Hubungannya dengan sang ayah juga tidak begitu baik.

Charles Rafael
 Pria ini adalah suami Helen yang otomatis adalah ayah Laura. Beliau pemilik Rafael Group – sebuah perusahaan yang sangat sukses. Saat pertama kali bertemu Laura, Cahrles merasa wajah Laura mengingatkannya pada seseroang di masa lalu. Karakternya penyabar dan berwibawa.

Antonio
Pria italia yang berusia sekitar lima puluh tahun ini adalah seorang chef pasta sekaligus pemilik restoran tempat Laura bekerja sebagai pelayan restoran. Ia seorang yang perfeksionis, juga emosional. Tetapi setelah mengenalnya lebih dekat, Laura tahu Antonio sebenrnya orang yang baik dan penyayang.

Maya
Maya adalah seorang pelayan senior di restoran Antonio. Ia cukup dekat dengan Laura. Mereka saling menyemangati satu sama lain saat bekerja.

Julien Bordeux
Pria ini adalah ahli perhiasan terkenal dari Prancis. Pribadinya ramah, menyenangkan dan baik hati. Julien yang melihat hasil rancangan Niko (karena bantuan Laura) tertarik untuk menawari Niko kuliah di GIA di New York.

Mike dan Carrie
Mike adalah pemilik cafe tempat Niko bekerja part time saat ia kuliah di New York. Mike ini tipe bos yang santai dan humoris. Ia menganggap Niko sudah seperti anaknya sendiri. Sedangkan Carrie adalah istri Mike, pribadinya sangat ramah.

Jalan Cerita
Novel ini terdiri dari lima bagian, :
Bagian Satu : Laura & Niko
Bercerita tentang awal pertemuan Laura-Niko semasa SMA. Laura yang jatuh hati pada pandangan pertama kepada Niko, namun sayang hari berikutnya Laura tahu Niko sudah mempunyai pacar, yaitu Erika. Mereka sangat serasi. Selama itu Laura selalu curhat sama Mamanya, dan beliau memberikan nasehat-nasehat yang bijak untuk Laura. Akhirnya Laura bisa menerima kenyataan, dan memutuskan ia hanya ingin menjadi teman Niko, itu saja sudah cukup. Namun saat ini mereka beda kelas, meskipun sama-sama kelas sepuluh. Di kelas sebelas nanti akan ada penjurusan, dan Laura yakin Niko akan masuk jurusan IPA, karena ia sangat pintar fisika. Maka Laura belajar keras agar bisa masuk jurusan IPA. Inginnya terwujud, ia berhasil masuk kelas IPA, namun sayang ia tidak sekelas dengan Niko.

Laura tidak menyerah. Masih ada satu tahun lagi. Saat kenaikan kelas, anggota per kelas akan kembali diacak. Akhirnya, saat kelas dua belas Laura berhasil sekelas dengan Niko. Tapi yah emang dasar si Laura ini pemalu dan pendiam, dia nggak berani ngobrol sama Niko. Terlebih ada Erika yang selalu nempelin Niko kayak lem super lengket.

Tapi akhirnya kesempatan itu datang saat Laura menemukan sketsa Niko yang terjatuh – sketsa sebuah cincin berbentuk bintang. Besoknya, Laura mengembalikan sketsa itu pada Niko. Niko mengucapkan terima kasih, dan meminta Laura untuk tidak mengatakan pada siapapun tentang sketsa itu. Meskipun bingung, Laura menurutinya juga, dan ia merasa sangat senang akhirnya bisa ngobrol sama Niko.

Sejak peristiwa itu, keduanya menjadi lebih dekat. Niko menceritakan pada Laura tentang rahasianya – ia ingin menjadi seorang perancang perhiasan, tetapi orangtuanya menentang dan menginginkan Niko menjadi dokter. Di sisi lain, Erika yang mulai cemburu selalu berusaha mengintimidasi dan mengancam Laura untuk tidak mendekati Niko lagi. Puncaknya, saat acara perpisahan, Erika memfitnah Laura, yang membuat Niko mulai menjauhi Laura – dan akhirnya memutuskan hubungan pertemanan mereka.

Laura yang kecewa, sedih, berusaha berlapang dada. Ia berusaha melupakan Niko, lagipula ia akan segera pindah karena mamanya dipindahtugaskan ke luar kota. Tapi, sebelum pergi, Laura membantu mewujudkan impian Niko dengan mendatangi Julien, si ahli perhiasan terkenal yang sedang mengadakan pameran di kotanya.

Di hari keberangkatan Laura, Niko mengetahui kebohongan Erika dan berusaha mengejar Laura ke bandara untuk meminta maaf. Niko baru menyadari ia menyukai Laura. Tapi di hari itu Niko tidak berhasil menemukan Laura.

Bagian Dua : Laura Amalia, Chef Pasta
Berawal dari Laura yang dikisahkan bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran Italia. Pemiliknya seorang chef pasta bernama Antonio. Laura senang bekerja di sana karena ia bisa melihat teknik memasak Antonio dan mempraktekkannya di rumah. Antonio adalah bos yang galak dan perfeksionis. Setiap bulan ia selalu berganti asisten, karena semua asisten yang pernah bekerja padanya tidak pernah ada yang memenuhi kriterianya. Maya – bawahan Antonio sampai pusing mencari asisten chef baru setiap bulannya.

Suatu hari, Laura dipecat karena dianggap membuat kesalahan fatal. Tapi Laura tak menyerah, ia menantang Antonio. Jika Laura bisa memasak makanan yang enak dan pas dengan selera Antonio dalam waktu satu minggu, Laura ingin dipekerjakan sebagai salah satu staf di dapur. Jika ia tidak berhasil, Antonio boleh memecatnya. Dan Laura berhasil di hari ke tujuh. Mulai saat itu, ia dipekerjakan sebagai staf di dapur. Dua tahun kemudian, Laura diangkat menjadi asisten Antonio. Ia mulai mendapat respek dari para chef lain di dapur.

Suatu pagi, ia melihat iklan reunian SMA angkatannya. Ia berniat pergi, berharap bisa bertemu Niko, walaupun Laura mengira Niko masih membencinya. Tapi mendadak mamanya sakit, jadi Laura mengurungkan niat itu dan memilih menunggui mamanya di rumah sakit.

Satu bulan kemudian, Laura mendapat tawaran dari Antonio untuk belajar lebih banyak tentang teknik memasak pada Alberto Luceri – guru Antonio dulu, yang sekarang masih berada di Italia. Akhirnya, setelah mendapat izin dari mamanya, Laura berangkat ke Italia. Satu tahun kemudian, Laura kembali dan sudah menjadi seorang chef pasta yang hebat.

Bagian Tiga : Niko Fareli, G.G
Bercerita tentang Niko yang sedang menjalani kuliah di GIA (Gemological Institute of Amerika) di New York – kampus yang mendidik para mahasiswanya untuk menjadi perancang perhiasan. Niko bisa membayar sendiri biaya masuk ke kampus itu dengan uang hasil penjualan rancangannya yang dibeli oleh Julien. Di sana Niko hidup sendiri, dengan menempati apartemen milik Julien dengan syarat jika sudah lulus nanti Niko akan langsung bekerja untuk Julien selama dua tahun di Paris. Hidup tanpa dibiayai orangtua – karena Niko lebih memilih menjadi perancang perhiasan daripada dokter – membuat Niko harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia bekerja part time sebagai pelayan di sebuah cafe, dengan Mike sebagai bos yang humoris, baik hati, dan bersifat kebapakan.

Di kampus, Niko mendapat banyak teman yang baik, tapi ada seseorang yang selalu memusuhinya dan iri dengan semua prestasi Niko, yaitu George Finley – anak dari perancang perhiasan terkenal, Elliot Finley. Puncaknya, George marah besar saat Niko yang terpilih mendapat beasiswa dari kampus. Ia semakin bersikap memusuhi Niko.

Selama Niko di New York, ia mendapat beberapa kali kunjungan dari orangtuanya. Mama Niko sudah bisa menerima keputusan Niko, tapi tidak dengan papanya yang masih bersikap sinis. Namun pada suatu kesempatan, Niko dan papanya berhasil berdamai.

Setelah lulus, Niko menepati janjinya dengan bekerja pada Julien di Paris. Suatu hari, ia menerima sms dari Erika yang berisi undangan reunian. Akhirnya Niko datang, berharap bisa bertemu dengan Laura dan menyatakan perasaannya. Niko baru sadar ia menyukai Laura di hari Laura pindah ke luar kota. Niko berusaha mengejarnya ke Bandara, namun gagal. Dan tak ada satu orang pun yang tahu ke mana Laura pindah.

Di acara reuni, Niko bertemu dengan Erika yang sekarang kuliah di fakultas kedokteran dan sudah punya pacar, yaitu Ari yang juga calon dokter. Erika mengatakan ia menyesal dulu sudah menyakiti Laura, ia ingin meminta maaf. Erika juga berkata kalau apa yang ia rasakan bersama dengan Niko dulu bukan cinta, tapi hanya sekedar sayang karena mereka sudah bersama sejak kecil, dan Niko membenarkan pendapat Erika itu. Niko terus menunggu, sampai akhir acara Laura tidak datang. Niko yang kecewa hanya bisa pasrah sambil mengenang kebersamaannya dengan laura saat masih sekolah dulu.

Bagian Empat : Laura dan Luki
Aduh kok jadi panjang banget yaa udah pegel nih ngetiknya *skip* Rafael Group – sebuah perusahaan berskala besar yang bergerak di berbagai bidang – akan mengadakan sebuah event. Mereka menggunakan jasa katering dari restoran Antonio, dan Laura yang mengurus semua kebutuhannya. Singkat cerita, Laura bertemu Charles Rafael yang kemudian ia ketahui sebagai ayah kandung Laura, dan seorang kakak tiri yang sangat sinis dan membenci mama Laura – Luki Rafael. Mama Laura adalah istri kedua Charles Rafael (istri pertamanya meninggal) yang dulu pergi meninggalkan suaminya karena permintaan Luki.

Awalnya hubungan Luki-Laura sangat tidak harmonis. Walau begitu, Laura menyayangi Luki sebagai kakaknya. Laura berusaha meyakinkan Luki bahwa mamanya memang tulus menyayangi Luki. Setelah dipaparkan beberapa bukti, akhirnya Luki percaya. Dan sebuah keluarga kembali utuh, dengan hubungan yang hangat dan saling menyayangi. Semua kesalahpahaman antara Charles-Helen, Helen-Luki, akhirnya terselesaikan. Setelahnya, Luki sangat menyayangi Laura dan sangat protektif terhadap adik tirinya itu. Oh iya, menjelang akhir bagian, penulis menyisipkan adegan kecelakaan yang dialami Laura.

Bagian Lima : Pertemuan Kembali
Seperti judulnya, bagian ini tentang pertemuan Laura-Niko.
Niko akan membuka toko perhiasan di Indonesia. Ia tinggal di apartemen milik Rafael Group, dan ia satu apartemen dengan Luki yang tinggal satu lantai di atas apartemen Niko. Dia hari pertama Niko pindah, ia bertemu Luki dan mereka berkenalan, saling bertanya pekerjaan masing-masing dan bertukar kartu nama.

Menjelang hari ulang tahun Laura, Luki bermaksud memberi kado yang spesial untuk adiknya itu. Awalnya Laura menolak, tapi setelah dipaksa Luki, akhirnya ia meminta sebuah cincin berbentuk bintang. Luki segera menyanggupi dan pergi ke toko perhiasan Niko untuk memesan cincin itu.

Di hari ulang tahun Laura, Luki menyuruhnya pergi ke NF Jewelry dan ia menurut. Di sana, Luki memberikan cincin itu, dan Laura ingin bertemu dengan perancang cincinnya. Betapa terkejutnya Laura saat orang itu turun, dan ternyata adalah Niko yang juga sama terkejutnya seperti Laura. Niko bingung saat Laura bersikap seperti tidak pernah mengenalnya. Dan Niko menarik kesimpulan bahwa Luki adalah pacar Laura.

Tapi Niko tidak menyerah. Ia terus berusaha mengejar Laura. Namun semakin Niko mendekat, Laura akan semakin menjauh karena Laura merasa ada suatu hal yang membuatnya tak pantas untuk menjadi kekasih Niko. Laura berpikir Niko bisa mendapatkan wanita yang lebih baik. Luki yang mengetahui dulu Niko pernah membuat Laura patah hati, sengaja membiarkan kesalahpahaman Niko yang menganggapnya sebagai pacar Laura. Ia justru sengaja memanas-manasi Niko, dan menguji seberapa besar cinta Niko untuk Laura, memastikan apakah Niko cukup bertanggung jawab untuk menjaga Laura.

Berhasilkah Niko mendapatkan cinta Laura lagi dan menyelesaikan semua kesalahpahaman yang terjadi di masa lalu? Yuk dibaca novelnya untuk tahu cerita lengkapnya.

Penilaian
Pertama mau curhat dulu. Ini review novel terpanjang yang pernah aku buat, mungkin karena novelnya lumayan tebel *skip* Di novel bergenre amore ini Kak Charon menghadirkan kisah cinta yang mungkin banyak dialami di kehidupan nyata, termasuk aku : tentang seorang cewek biasa yang jatuh cinta dengan cowok populer di sekolah, tapi sayangnya cowok itu udah punya cewek yang populer juga.

Tokoh Laura.. oke lah. Lumayan sering bikin geregetan terutama dibagian akhir. Tokoh Niko? Well.. biasanya aku kesengsem sama tokoh model begini. Tapi aneh, untuk novel ini kok enggak ya? Aku merasa nggak dapet feel-nya seorang Niko sebagai tokoh utama pria. Aku justru nge-fans sama Luki -_-a Entahlah.. aku yang lagi nggak mood baca atau gimana -_-?!

Aku baca novel ini agak lambat. Gaya berceritanya menurutku agak bertele-tele, dan membuatku agak bosan. Aku tidak begitu suka dengan sudut pandang orang ketiga yang dipakai di novel ini, kesannya jadi kaku dan monoton. Kenapa nggak ambil sudut pandang orang pertama aja? Terutama di masing-masing bagian Laura dan Niko. Jadi pas bagian Laura pake sudut pandang Laura, dan pas bagian Niko pake sudut pandang Niko, mungkin bisa ditambah sudut pandang Luki di bagian Laura-Luki (ceritanya udah ngefans berat sama Luki). Pasti perasaan masing-masing tokoh bisa dieksplor lebih dalam lagi.

Lanjut ke masalah setting. Sampai akhir halaman, aku tidak menemukan penulis menyebutkan nama kota sebagai latar di novel ini. Mungkin tidak terlalu penting, tapi yaa... bikin nggak nyaman aja plus bingung juga sih, imajinasinya jadi kurang berkembang gitu *halah*

Oia, aku beli novel ini versi cover baru. Cukup cute, aku suka. Tapi di setiap sub bab berlatar daun-daun. Aku pikir nggak nyambung aja sama cover depannya. Mungkin gambar daun-daun di sub bab itu termasuk cetakan dalam cover lama kali ya. Entahlah.

Anyway, masih ada sisi positifnya dari novel ini. Kak Charon menyelipkan beberapa petuah tentang kehidupan. Bukan hanya tentang cinta, tapi juga persahabatan, kekeluargaan, dan semangat pantang menyerah dalam mengejar mimpi, bagus buat pencerahan diri. Tapi tetep intinya novel ini mengisahkan cinta sejati yang tidak memudar walau terpisah jarak yang jauh dan waktu yang lama. 3,5/5 stars buat novel ini. Maaf ya Kak Charon kalau komentarku meyinggung, itu murni pendapatku sendiri.


My Favorite Quote

“Kalau begitu, jadilah temannya. Kalau sampai saat itu dia tidak menyukaimu, lepaskanlah dia. Dengan begitu kau akan memiliki sebuah cinta.” – Mama Laura, hal. 18

“Pilih yang benar-benar kau inginkan dan jalani pilihanmu dengan sungguh-sungguh. Karena dengan begitu, kau telah belajar menjadi dewasa.” – Mama Laura, 49

Menyukai seseorang yang tidak menyukaimu kembali adalah hal yang paling menyedihkan. – Laura, hal. 67

“Jangan menyia-nyiakan hidupmu. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengejar mimpimu.” – Niko, hal. 180

“Karena kau keluargaku. Keluarga saling memaafkan. Tanpa syarat.” – Laura, hal.235

“Tapi saat kau hanya mengingat kenangan yang indah dengannya dan kau tidak merindukannya lagi, saat itu patah hatimu sudah berakhir.” – Sam, hal. 269 (Sam ini sahabatnya Luki) 
  



Regards,
=R=





No comments:

Post a Comment

Ungkapkan pikiranmu... :)
*Don't Forget to Leave Your Comment, Please!*

Cara Mengembalikan Akun BBM yang Dibajak atau Dihack (Terkena Hack)

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Akun BBM saya dibajak :( Pertama kali tahu dari teman saya yang ...