Monday, March 26, 2018

Cara Mengembalikan Akun BBM yang Dibajak atau Dihack (Terkena Hack)

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Akun BBM saya dibajak :( Pertama kali tahu dari teman saya yang mengirimkan pesan lewat whatsapp, menanyakan apakah akun bbm saya dibajak, karena dia dikirimi link2 tautan video aneh dari BBM saya. Setelah saya cek akun bbm saya sudah dalam mode log out dan saat saya coba log in dengan email dan password saya sudah tidak bisa. Langsung deh lemas takut akun BBM disalahgunakan untuk penipuan/kriminalitas. Setelah saya runut beberapa hari yang lalu saya mendapat pesan BBM dari teman berisi link tautan yang katanya informasi penting dan harus saya buka, saat saya buka saya diharuskan memasukkan email dan password BBM seolah2 BBM saya dalam posisi log out (saat itu saya nggak sadar kalau SEBELUMNYA SAYA TIDAK PERNAH LOG OUT AKUN BBM) karena tampilannya mirip saat log in BBM, tanpa curiga saya masukkan email dan password, dan hasilnya beberapa hari kemudian akun saya dibajak. Baru saya sadar kemarin itu saya sudah menyerahkan email dan password untuk si hacker :(
Alhamdulillah dengan pengetahuan ala kadarnya waktu pelajaran IT di sekolah, hasil browsing sana sini, dan ilmu dari film & drama korea tentang hacker (:iyaa saya sukaaa drama korea:) akhirnya akun BBM saya bisa kembali. Buat kalian yang mengalami hal serupa, silakan dicoba langkah-langkah berikut ini.

  1. Tanda awal akun BBM kamu sudah dibajak adalah saat kamu buka BBM, sudah dalam posisi log out. Saat coba Log in kembali, sudah tidak bisa. Padahal email dan password kamu udah benar. Segera buka email yang kamu pakai untuk mendaftarkan akun BBM. (email di BB ID)
  2. Kalau memang sudah dibajak, akan ada email masuk dari BBM yang memberitahukan bahwa “Nama pengguna BBM ID Anda telah diganti” dan di situ akan ada alamat email si hacker yang telah mengambil alih akunmu. Dalam kasusku, email yang digunakan adalah email jenis “temporary-mail” atau email sekali pakai atau email sementara. (kurang tahu namanya) Nah kamu catat alamat email si hacker itu. (yang dilingkari merah)
  3. Ciri-ciri email sekali pakai/email sementara ini adalah domainnya seperti di bawah ini. @1webmail.info @web2mailco.com @one2mail.info dsb. Email ini berbeda dari email resmi seperti yahoo gmail, karena siapapun bisa membuka kotak masuk email ini tanpa password, cukup dengan alamat emailnya saja.
  4. Setelah tahu email abal2 milik si hacker, selanjutnya buka aplikasi BBM kamu. Coba log in ke BBM kamu dengan alamat email hacker tadi, lalu klik “Lupa Password
  5. Selanjutnya pada layar akan muncul permintaan kode verifikasi yang sudah dikirim ke email milik hacker. Kode ini akan kedaluwarsa dalan 15 menit.
  6. Sekarang kamu harus buka email hackernya untuk tahu kode verifikasi tadi. Caranya, pakai google chrome/ mozila untuk masuk ke https://temp-mail.org Lalu klik menu “Change


  7. Masukkan alamat email hacker tadi "khftqpsvj@1webmail.info" di kotak “LOGIN” dan sesuaikan domainnya. Contoh di sini saya ketik di kotak login “khftqpsvj” lalu domainnya saya ganti @1webmail.info lalu klik “SAVE”
      

  8. Selanjutnya klik “REFRESH” untuk membuka kotak masuk emailnya. Disitu akan ada email dari BBM "donotreply@blacberry.com" yang berisi kode verifikasinya. Klik untuk membuka, lalu catat kode verifikasinya.
     

  9. Buka kembali BBM kamu, masukkan kode verifikasi tadi dan otomatis akun BBM  milikmu akan terbuka kembali.
  10. Tidak selesai sampai di sini, jika BBM sudah berhasil dibuka, langsung menuju ke menu “SETELAN” lalu pilih “AKUN”. Disitu akan tercantum email dan password milik si pembajak. Segera ganti email dan password BBM dengan yang baru (jangan gunakan email dan password lama)
  11. Segera update status untuk pemberitahuan ke kontak teman2 kamu bahwa tadi bbm milikmu telah dibajak namun sekarang sudah kembali. Beritahukan bila ada temanmu yang tadi mendapat pesan dari akun BBM mu yang dibajak berupa chat dengan link/tautan, jangan di klik apalagi memasukkan email atau password.

 Tips agar akunmu tetap aman:
  1. Jangan sembarangan klik link/tautan bila sumber tidak jelas apalagi dengan iming2 hadiah promo diskon free lagu foto video, dsb.
  2. Jangan pernah memasukkan email dan passwordmu bila kamu merasa tidak pernah log out sebelumnya. (Biasanya ini laman jebakan, tampilannya dibuat mirip seperti saat kamu akan log in ke akunmu)
  3. Rajin-rajinlah mengecek email yang terdaftar pada akun BBM, bila ada seseorang yang berusaha mengutak-atik akunmu, pasti langsung akan ada pemberitahuan lewat email.


Saya bukan orang IT, pengetahuan komputer standar aja. Cuma sekedar sharing tentang apa yang saya alami kemarin. Untuk kasus saya kemarin yang dibajak adalah akun BBM, bila akun instagram atau facebook twitter yang dibajak, bila polanya sama menggunakan email sementara/email sekali pakai/email disposable/temporary-mail seperti ini, mungkin cara diatas bisa dicoba dulu untuk mengembalikan akunmu. Selamat mencoba, semoga berhasil ^^

P.S:Buat para hacker/peretas/pembajak akun di luar sana, kalau nge-hack akun ya akunnya pejabat korup aja gitu, jangan kita masyarakat awam yang nggak tau apa2 gini. Sekian.

Regards,
=R=












20 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Permisi Mau tanya klo yang nge-hack email pribadi gimana cara membalikkan ke akun kitanya ya?
    Terima Kasih atas bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @adellouphooh Kalau itu email pribadi resmi, kamu harus laporkan email itu sesuai domainnya. Misal yahoo ya ke Yahoo help center/yahoo bantuan, kalau gmail ke Google Bantuan. kamu bisa laporkan penyalahgunaan email, sertakan screenshoot bukti di emailmu kalau email itu email pembajak akun. (waktu dia bajak akunmu kan ada notifikasi di emailmu bahwa email akunmu udah diganti, nah itu di screenshoot) Ceritakan kronologis kejadiannya ke customer service yahoo/gmail

      Delete
  3. Kalo lapor ke pihak BB/ BBMnya ada info tidak???

    Karena kasus seperti ini nampaknya tidak sedikit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah banyak yg laporan di bbm.help.com pak, tp sepertinya tidak ada penyelesaian dr pihak bbm.

      Delete
    2. Setahu saya BBM tidak punya customer service di Indonesia, jadi pengaduan ya cuma bisa ke pusat BBM di luar negeri lewat BBM help itu, untuk respon dari sana bagaimana saya kurang tau.

      Delete
  4. saya sudah sampai tahap refresh tapi tidak muncul email masuk atau kode verifikasi apapun...bagaimana solusinya ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bisa ka...maaf ada step yg kelupaan..hhehe

      tapi waktu giliran ganti email dan pasword, di bagian email nya gg bsa keganti ka....ke block...
      cara ganti nya gimana ya ka?

      Delete
    2. maksudnya ke block bagaimana? Klo punya temenku waktu itu habis dibajak udah bisa dibuka lagi, terus mau ganti email BB ID sama password, ada logo gembok/dikunci, nggak bisa di klik. Waktu itu aku log out bbmnya, aku coba ulangi langkah di atas tapi harus cepet, setelah berhasil langsung masuk menu setelan/pengaturan, bisa kok.

      Delete
  5. Bagaimana kalau dia mengubah email saya jadi alamat resmi, seperti ....@gmail.com apakah caranya sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya bahas di atas, kalau itu email resmi kamu harus buat laporan ke customer servicenya, misal gmail ya ke Gmail bantuan, laporkan penyalahgunaan email. Karena email resmi harus pakai password untuk bisa dibuka.

      Delete
  6. Alhamdulillah berhasil, makasih banyak un/infonya.. 😆

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah berhasil ,,akun bbm sudah kembali ,,terimakasih kak ilmunya ,semoga berkah dan manfaat

    ReplyDelete
  8. Trimakasih ilmunya gan ..bbm istriq bisa balik lg

    ReplyDelete
  9. kak kok punyaku gak bisa muncul email masuk kode verifikasi setelah di refresh... apakah kemungkinan pesannya udah dihapus oleh si hacker?
    bagaimana solusinya? thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diulang klik refresh lagi.. kalau tetap tidak muncul, tunggu sampai 15 menit (kode verifikasi akan kedaluwarsa setelah 15 menit) lalu ulangi langkah2nya dari awal, log in ke bbm dengan memasukkan email pembajak dan klik lupa password.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Ungkapkan pikiranmu... :)
*Don't Forget to Leave Your Comment, Please!*

Cara Mengembalikan Akun BBM yang Dibajak atau Dihack (Terkena Hack)

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Akun BBM saya dibajak :( Pertama kali tahu dari teman saya yang ...