Sunday, January 1, 2012

Menjelma Bersama Sang Waktu


Satu tahun yang terasa begitu cepat. Semua terasa seperti semilir angin yang berhembus pada suatu siang yang panas. Hanya sekejap mata, namun sangat berarti. Segalanya berkumpul menjadi satu, membentuk kesatuan yang selaras dalam harmoni kehidupan. Tawa, canda, tangis, haru, senang, dan sedih. Rasa yang tercampur dengan sempurna dan apik berkat kuasa-Nya. Sebuah kenikmatan tiada tara dengan hidup di dunia.
“Sudahkah kau bersyukur hari ini?” Ya, itu adalah kalimat yang selalu diucapkan oleh guru matematika sekaligus Wali kelasku sewaktu kelas sebelas. Beliau mengajarkan kepada kami (aku dan teman-temanku yang lain) agar selalu ingat dan bersyukur kepada Tuhan. Hhmmff, tanpa kusadari ternyata aku mulai merindukan masa-masa itu. Aneh juga kalau dipikir-pikir, karena belum ada setahun aku menjadi anak kelas dua belas yang selalu disibukkan dengan tugas-tugas, ulangan, pengulangan materi, try out, dan bla bla bla (plis deh nggak usah dibahas). Walau baru enam bulan, rasanya sudah seperti berabad-abad lamanya. Tapi, aku juga tahu bahwa semua itu akan berubah saat semester dua nanti. Semuanya akan berjalan begitu cepat, dan akhirnya masa putih abu-abu ini hanya akan menjadi sebuah kenangan indah yang tak kan pernah terlupakan (kecuali jika terserang amnesia *idiihhh amit-amit deh!!*). By the way, itu kan masih agak lama, jadi dilompatin aja. Ini kan tahun baru, aku nggak mau berelegi karena memikirkan perpisahan. Meskipun aku tahu, jika ada pertemuan pasti juga akan ada perpisahan.
“Apa saja yang sudah kau lakukan selama setahun penuh ini?” Pertanyaan itulah yang muncul dalam benakku ketika menjelang tahun baru. Uhm, sebenarnya banyyaaakkkk sekali hal yang telah kulakukan, sampai lupa, hehehe. Tapi keseharianku lebih banyak diisi dengan aktivitas belajar, ngurus blog-ku yang tercinta ini (meskipun yang ini agak terbengkalai *pengakuan nih*), dan curhat sama Mama tentang ini itu. Baca novel plus nonton film tetap berlanjut pastinya, walau nggak bisa sesering dulu.





Waktu dapat mempermainkan kita dengan mudah. Well, banyak hal telah berubah dalam kurun waktu satu tahun ini. Ada yang tidak ingin kuubah, tapi justru berubah dengan sendirinya. Sedangkan hal yang ingin kuubah sampai berjuang mati-matian justru tidak pernah berubah. Hidup memang rumit, satu-satunya hal yang bisa membantu hanyalah diri sendiri. Semula aku tak percaya. Tapi sekarang, aku mengalaminya sendiri.



Ternyata, semua memang bermula dan akan berakhir pada diri kita sendiri. Saat kita terjatuh, penyesalan akan datang dengan sendirinya. Padahal, tanpa kita sadari, hal itulah yang akan ‘membunuh’ pikiran dan hati kita secara perlahan-lahan. Hanya semangat untuk bangkit dan memulai semuanya dari awal lagi yang bisa menyelamatkannya. Namun, kita harus memulainya dengan hal yang tersulit―belajar untuk memaafkan diri sendiri. Ya, terkadang memaafkan diri sendiri justru terasa lebih sulit daripada memaafkan orang lain. Tapi jika pada akhirnya kau bisa melakukannya, percayalah―semuanya akan terasa lebih ringan dan mudah. Hidup adalah sebuah proses belajar, berjuang untuk bisa mencapai hal yang diinginkan, terkadang tersandung kerikil kecil dan terjatuh berulang kali, kemudian bangkit untuk berjuang lagi demi meraih impian dengan diiringi doa yang selalu dipanjatkan kepada-Nya. Dengan demikian, hidup akan terasa lebih berarti.




Di momen tahun baru ini, tanamkanlah prinsip bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Terwujud atau tidaknya, semua bergantung pada usaha dan kerja keras kita, kan? Cobalah untuk selalu berpikir positif. Karena, hal yang paling menakutkan adalah pikiranmu sendiri. Jangan biarkan ia mengendalikanmu, kau lah yang harus mengendalikannya. Pikirkan hal-hal yang ingin kau capai di tahun 2012. Dan berjuanglah untuk meraihnya. Hidup di dunia cuma sekali, kawan! Jangan sampai kau menyesali dan meminta hidup di dunia untuk yang kedua kalinya―yang tentu saja hal itu mustahil terjadi―hanya agar dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat. Pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kita tidak selalu mendapatkan kesempatan kedua. And, I just wanna say, HAPPY NEW YEAR 2012!!! Semoga semuanya menjadi lebih baik dan berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan kita.





Regards,

=R=

No comments:

Post a Comment

Ungkapkan pikiranmu... :)
*Don't Forget to Leave Your Comment, Please!*

Cara Mengembalikan Akun BBM yang Dibajak atau Dihack (Terkena Hack)

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Akun BBM saya dibajak :( Pertama kali tahu dari teman saya yang ...